Google Hummingbird Algorithm (Algoritma Hummingbird)

hummingbird

Google Hummingbird Algorithm – Sebagaimana kita ketahui bagwa google telah menerapkan alogaritma pencarian terbaru yang dinamai Hummingbird. Tentunya sebagian sobat sudah memahami, apa itu alogaritma / algoritma hummingbird ini, atau mungkin belum? Atau tidak peduli?  🙂

Untuk lebih memahami apa itu Alogaritma hummingbird, dibawah ini saya buata beberapa soal-jawab seputar algoritma terbaru “hummingbird”.

Apa itu Algoritma?

Algoritma / Alogaritma dalam istilah komputer dan matematika adalah sekumpulan perintah untuk menyelesaikan masalah.

Apa itu Hummingbird?

Hummingbird adalah nama burung yang dalam Bahasa Indonesianya adalah burung Kolibri. Kemudian oleh Google dibuat untuk nama Algoritma pencarian terbaru yang “cepat dan tepat” seperti burung kolibri.

Apa itu Algoritma Hummingbird?

Algoritma hummingbird adalah sekumpulan perintah dalam metode pencarian google yang digunakan untuk menyortir milyaran website, untuk mendapatkan hasil yang relevan secara cepat dan tepat yang akan ditampilkan dalam SERP (Search Engine Results Page).

Sejak kapan Hummingbird Algorithm mulai diberlakukan?

Alogaritma Hummingbird mulai diberlakukan semenjak bulan Agustus 2013 dan diumumkan penggunaannya pada bulan September 2013

Bagaimana Cara Kerja Hummingbird?

Sebagaiman di jelaskan di situs SearchEngineLand.com, andaikan Google merupakan sebuah mobil yang sudah lumayan lama, maka “Hummingbird” merupakan mesin baru yang disematkan atau disimpan pada merk lama yaitu Google. Artinya, hummingbird merupakan gebrakan algoritma terbesar google dalam proses pencarian.

Secara detail cara kerja Hummingbird ini sebenarnya google pun tutp mulut. Secara umum , Google mengatakan bahwa Hummingbird lebih memperhatikan setiap kata dalam query dan memastikan bahwa seluruh permintaan (seluruh kalimat) diperhitungkan , bukan kata-kata tertentu. Tujuannya agar halaman yang memuat kalimat dalam pencarian, ditampilkan dengan akurat.

Sebagai contoh, misalkan mengetik kalimat “Berapa km jarak Jakarta Surabaya?” maka akan ditampilkan jawaban yang tepat tentang pertanyaan ini. memang untuk saat ini hasil dari pertanyaan yang kita tuliskan belum begitu relevan, mungkin masih dalam tahap pembenahan SERP.

Apakah Panda dan Penguin Masih berlaku?

Seperti diibaratkan di atas, hummingbird adalah mesin baru. Sedangkan Panda dan Penguin merupakan onderdil lain yang masih sangat diperlukan oleh sebuah mobil. Artinya, Panda, Penguin, EMD, masih digunakan oleh Google. Bahkan Google sudah update penguin terbaru yaitu Penguin 2.1.

Haruskah Saya Khawatir dengan Hummingbird ini?

Menurut hemat saya, tidak ada hal perlu dikhawatirkan dengan peluncuran Algoritma Hummingbird ini. Algoritma ini memberikan hal terbaik kepada pencari keyword dengan jawaban yang akurat.

Tentunya, Anda perlu khawatir apabila postingan hanya menggunakan kata kunci berulang untuk mendobrak SEO. Situs seperti inilah yang akan tersingkirkan dalam pencarian Google dengan algoritma terbarunya Hummingbird.

Apakah Hummingbird akan berpengaruh pada Trafik?

Seperti saya tulis di atas, tidak usah hawatir dengan penurunan trafik, selama blog yang kita buat mengikuti aturan-aturan yang ditetapkan.

Untuk lebih jelasnya mungkin harus menunggu beberapa bulan kedepan tentang efek hummingbird pada traffic blog ini. Semoga artikel di atas sedikitnya membantu sobat dalam memahami alogaritma pencarian terbaru dari google ini :

Sumber : SearchEngineLand.com, Forbes.com dan Infoworld.com, ditulis oleh kang ismet

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s