Berkat Snowden Indonesia tahu sedang disadap oleh Australia

Malam kemarin saya sengaja browsing perkembangan kasus penyadapan RI oleh Australia. Berangkat dari penasaran, saya mendapat informasi yang cukup mengobati kepenasaranan saya. ternyata memang Australia menyadap RI Presiden, Ibu negara dan beberapa pejabat lainnya. dan saya salut kepada yang namanya Edward Snowden. Beliau adalah mantan Staff intelejen AS yang sudah muak dengan perilaku AS dengan sekutu-sekutunya. dalam surat kabar the guardian edward snowden membocorkan dokumen resmi Australia yang berisi penyadapan selama kurang lebih dua minggu. Dokumen tersbut isinya antara lain : Percakapan telepon SBY dengan kroni dan mitranya, data provider yang paling banyak digunakan oleh rakyat indonesia dan yang lebih hebatnya ladi pihak australia dapat mengetahui tipe ponsel yang dipakai SBY yaitu Nokia E90-1. (dokumen lebih lengkap)

Tipe HP Presiden RI dan istrinya, SBY

Tanggapan indonesia sendiri setelah the guardian mengeluarkan berita ini sangat marah dan menjemput kedutaan besar indonesia di australia untuk pulang. ini adalah sebagai bentuk kekecewaan yang wajar sebagai korban penyadapan. secara, Indonesia sudah sangat bermitra dengan Australia. Baik itu di bidang ekonomi, pendidikan atau kerjasama bilateral laninnya. Baiklah saya tidak akan memfokuskan opini saya di kasusnya, tetapi yang saya komentari si ‘Edward Snowden’-nya. Well, acoording to wikipedia

Edward Snowden

Edward Joseph “Ed” Snowden (born June 21, 1983) is an American computer specialist, a former CIA employee, and former NSA contractor who disclosed up to 200,000 classified documents to the press.Details released from the cache have revolved primarily around the United States’ NSA mass surveillance program, and to a lesser extent, its counterparts such as the British GCHQ, Israel’s ISNU, and Norway’s NIS. Snowden is a considered a fugitive by American authorities who have charged him with espionage and theft of government property. He is currently living in Russia under temporary asylum. (Wikipedia)

Edward Joseph Snowden adalah mantan kontraktor teknik Amerika Serikat dan karyawan Central Intelligence Agency yang menjadi kontraktor untuk National Security Agency sebelum membocorkan informasi program mata-mata rahasia NSA kepada pers.

Sebenarnya yang menarik perhatian saya kepada si Edward ini karena keberanian dirinya untuk membocorkan bahwa AS memata-matai negara lain. Tanggapan Pro dan kontra berdatangan saling bertubi-tubi menimpa edward snowden. ada yang mengatakan ‘ He is Traitor’ (dia adalah seorang penghianat) karena telah menghianati negaranya sendiri dengan mencemarkan nama baik AS. Tetapi, tidak sedikit pula yang mendukung tindakan dia dan memberikan dukungan ‘He is a hero'(dia adalah seorang pahlawan).

Latar belakang muncul pro dan kontra tersebut tidak lain disebabkan oleh pernyataa dia kepada pihak the guardian, “i cant allow the US goverment to destroy privacy and basic liberties” yang berarti pernyataan Snowden yang mencerminkan suara hati nuraninya bahwa dia sudah muak dengan tindakan penyadapan AS. Dia tidak rela AS merampas kebebasan dasar dan privasi orang di dunia.

Ini Hasil Poling Business Insider mengenai tanggapan masyarakat tentang Edwar Snowden. He is a hero or Traitor? Saya lebih menganggap dia seorang hero karena dia Indonesia bisa tahu kalau dia itu sedang di sadap oleh Australia. Lebih dari itu, perilaku Edward Snowden yang membocorkan penyadapan itu jadi cambuk keras bagi Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) untuk lebih mengoptimalkan kinerjanya.

Asep Ridwan Lubis, an world citizen.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s