Implikasi dari seorang INTJ

Ini adalah tentang deskripsi diri saya beserta HANYA sekitar 1,5% orang di dunia. yah, INTJ salah satu kepribadian dari 16 kepribadian yang di rumuskan oleh Myeer Briggs yang bisa ditentukan oleh tes yang dinamakan MBTI (myeer-Briigs type indicator). 

fokus bahasan saya adalah di salah satu tipe yaitu INTJ yang merupakan representasikan kepribadian saya. INTJ atau kepanjangan dari Introvert iNtuiting Thinking Judgement adalah kombinasi karakter yang saling bersebrangan dengan Ekstrovert Sensing Feeling dan Perceiving.

oke daripada panjang lebar membahas teorinya, saya mau langsung saja menceritakan apa yang terjadi dalam diri saya selama ini dalam masa-masa labil atau masa pendewasaan kali yah disebutnya. Pada dasarnya orang INTJ sangat nyaman dengan kesedirian, pikiran saya sangat membludak dengan ide-ide mengenai apapun yang terjadi saya bingung mau kemanakan isi dalam pikiran saya mau dikeluarin. kesendirian disini berbeda dengan anti sosial. bedanya kalo anti sosial itu emang benar-benar acuh kepada lingkungannya tapi kesendirian dari pribadi INTJ lebih mengarah kepada kemandirian berfikir dan bertindak. 

Saya merasa energi saya tercharge ketika ada momen-momen yang bisa digunakan untuk merenung. makanya kebanyakan teman saya menyimpulkan saya itu yang selalu galau dan penuh banyak masalah namun sebenernya tidak seperti itu. saya enjoy dengan keadaan diri saya yg selalu memikirkan dalam-dalam segala sesuatu itu sebelu dieksekusi atau melakukan tindakan.

Kebalikan dari segi ekstrovert (orientasi sosial) adalah introvert (orientasi ke dalam diri sendiri) artinya  seperti yang saya rasakan energi untuk saya dapat melakukan sesuatu itu lebih dominan dari dalam diri saya walaupun memang semangat, motivasi, dan dorongan tidak terlepas dari orang-orang terdekat saya. Seperti keluarga dan pacar saya tapi rangsangan itu tidak serta merta saya langsung reaktif melainkan saya filter oleh pikiran saya. Apakah jika saya melakukan itu bisa berguna buat saya? apakah jika saya lakukan itu bisa menunjang bagi kompetensi saya? atau jika seseorang INTJ memimpin suatu kelompok, Apakah jika saya melakukan itu bisa berguna bagi kelompok saya? bisa membantu memajukan kelomkpok saya?itulah contoh pertanyaan yang sering timbul jika seorang INTJ menerima kritikan, saran atau pendapat dari orang lain.

Saya sangat senang merenung dan mengevaluasi apa saja yang saya kerjakan. kenapa yah? mungkin karena kenyamanan yang saya rasakan jika dalam kondisi seperti itu dan orang INTJ akan sering mengatakan jadilah diriku sendiri.

to be continued…

2 thoughts on “Implikasi dari seorang INTJ

Tinggalkan Balasan

