Pengalaman MOKA-KU UPI 2012


Oleh : Asep Ridwan Lubis-Matematika non dik
Universitas Pendidikan Indonesia

Moka disini bukan makanan, tetapi suatu kegiatan orientasi kampus yang diselenggarakan oleh Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). MOKA-KU UPI merupakan singkatan dari Masa Orientasi Kampus dan Kuliah Umum Universitas Pendidikan Indonesia. Yah, bisa dibilang moka ini adalah ospeknya kampus UPI. Kegiatan MOKA-KU dilaksanakan serentak di kampus bumi siliwangi dan kampus daerah pada tanggal 28-31 Agustus 2012. MOKA-KU mengambil tema “Bersama Almamater, Membentuk Generasi Sukses”
Saya merupakan salah seorang dari 6787 orang mahasiswa baru yang mengikuti kegiatan ini. 6787 orang itu berasal dari jalur SNMPTN Undangan, SNMPTN Tulis, Seleksi Mandiri (SM) dan kerjasama dengan pemerintah daerah. Kegiatan orientasi ini bermaksud mengenalkan lingkungan kampus UPI serta menumbuhkan rasa kebanggaan mahasiswa baru kepada kampusnya.

Acaranya juga lumayan seru, disamping pemberian materi ke-kampusan didalam auditorium terbesar, Gymnasium UPI. Pada acara pembukaan, ada surprize yakni bapak Ahmad Heryawan (gubernur Jabar) datang secara tiba-tiba untuk membuka secara resmi MOKA-KU. Disamping itu, pada saat kuliah umum yang diberikan oleh bapak Ahmad Heryawan. Beliau mengadakan sayembara grand prizenya “Galaxy Tab” untuk semua maru, sayembaranya apa? Pak ahmad mengajukan pertanyaan apabila maru dapat menjawab pertanyaannya. Kalau tidak salah ada lima pertanyaan yang diajukan yang pertama itu, beliau menanyakan alamat lengkap kampus upi yang berhadiah sepeda gunung. Kedua, jumlah penduduk jawa barat hadiahnya juga sepeda gunung. Ketiga, jumlah desa di jawa barat. Keempat, jumlah kabupaten dan kota di jawa barat dan untuk pertanyaan grand prize “galaxy tab” beliau menanyakan visi jawa barat. Jelaslah, semangat anak muda untuk mendapat GT secara gratis sangat drastis mengalahkan semangat 45nya pejuang. Banyak yang salah menjawabnya. Alhasil, penjawab terakhir atas nama Agung jurusan pendidikan matematika teman saya juga yang menjawab pertanyaan Grand Prize dengan benar. Congratulation brader 😀
Hari  ke-3 ada motivator kang setia yang memberikan motivasinya kepada saya dan kawan-kawan maru. Kang setia menyuruh salah seorang maru untuk menelepon orang tuanya (loudspeaker mode :on) agar meminta doa restu orang tua sehingga kita menjadi mahasiswa yang cepat beradaptasi dengan kehidupan baru. Sungguh sangat mengharukan.

Hari terakhir, puncak acaranya adalah pemecahan rekor muri oleh semua maru. Rekor pembuatan tempat pensil  berlogo UPI dalam waktu 45 menit hasil dari daur ulang botol plastik. Semua maru membawa peralatan dan berkreativitas membuat tempat pensil.
Ada yang lupa, sebelum pembuatan rekor muri. Acara juga diisi oleh siraman Rohani dari K.H Abdullah Gymnastiar alias aa gym. Beliau memberikan nasehat agar tidak terjerumus kepada penyakit hati, TENGIL (Takabur, Egois, Norak, Galak, Iri, L nya lupa lagi).

                Penutupan acara ditandai dengan pemakaian jaster UPI secara serentak oleh seluruh maru diiringi lagu “totalitas perjuangan”, keren banget pokoknya (unforgetable moment). saya sempat meneteskan air mata pada saat memakai jaster, tiba-tiba saya teringat kedua orang tua. Saya semakin menyadari saya bisa memakai jaster dengan kawan-kawan yg lain diruangan kebanggaan Universitas Pendidikan Indonesia semua karena dukungan dan pengorbanan mereka.  Empat bulan saya galau karena belum mendapatkan kampus negeri, akhirnya terjawab sudah dengan almamater Universitas Pendidikan Indonesia dengan jurusan Matematika Non Pendidikan. Semoga ini menjadi batu lompatan bagi saya dalam rangka untuk membalas dukungan dan pengorbanan orang tua. Aamiin….
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s