13 CARA YANG PALING AMPUH UNTUK MENGISI WAKTU LUANG

Posted on Updated on

Kenapa Tiga Belas Cara? padahal kata orang angka tiga belas angka sial tapi menurut aku engga malah dunia juga sependapat sama aku. Kenapa? Soalnya tanggal 13 aku dilahirkan ke alam dunia…hahaha

11.      Berdzikir
Mendekatkan diri pada sang pencipta sangatlah tindakan terpuji. Rasakan sob efeknya kalau kita deket sama pencipta. Hidup itu serasa gak ada masalah, bebas tenang dan tentram. Lakukan dzikir-dzikir reguler yang biasa dilakukan.
2.       Lakuin Hobbimu
Kenali hobi mu sob, hobbi didefinisikan sebagai aktifitas yang mambuat kita senang ngelakuinnya. Kalau hobi aku sih melek depan laptop entah itu ngerjain tugas-tugas wajib seorang pelajar atau pun sampai ketak ketik yang gak terlalu penting. Ya seengganya aku bisa berolahraga juga dari hobiku itu, senam. Senam jari. 😀
3.        Hubungi temen-temen lama mu
Menghubungi disini bisa lewat sms, telepon(kalo lagi kelebihan rezeki pulsa), sosial networking atau juga pergi ke sekitar rumah. Kita jangan sok jaim gitu ngehubunginya, blak-blak an aja biar saling menikmati suasana yang akrab. Positif juga kan? Barang kali aja ada proyek bisnis (ceilah -_-), atau diajakin maen gratis sama temen.
4.       Bantu Orang Tua
Wah seharusnya ini jadi nomor pertama, soalnya ini adalah tugas sampingan yang suci. Kalau kita mengerjakan ini seperti mencabut rumput dihalaman (kaya di kartun-kartun jepang), beres-beres rumah, mencuci, menyetrika atau memasak sekalipun sangat membantu meringankan pekerjaan Ibu kita.
5.       Melatih otak dengan aritmetika sederhana
Menurut penelitian ya sob, untuk melatih otak kita lebih efektif dilakukan dengan cara mengerjakan aritmatika yang sederhana, seperti soal ini : 9+8 =…,16-5=…., sebanyakj 2 halaman dengan cepat. Ini sangat efektif untuk dilakukan pada saat gak ada kerjaan toh kita untung otak kita bisa dialiri oksigen yang banyak . sehingga bisa meningkatkan daya ingat dan kreativitas
6.       Main Keluar Rumah
Tentunya main denga temen sepermainan mu tapi bermainlah yang positif. Seperti bermain futsal, basket, berkunjung ke rumah temen. Janganlah main-main sembarang.  Soal nya beberapa dekade sampai sekarang pergaulan bebas sangat mengancam masa muda yang indah. Hindari juga nongkrong-nongkrong di pinggir jalan. Karena waktumu bisa terbuang secara percuma. 
7.       Membaca
Membaca itu membuka. Membuka jendela dunia (bahasanya bapak guru banget). Memang begitu, disini sobat bisa membaca komik, novel, majalah, atau kitab suci. Menambah wawasan kan. Tapi menurut survei hanya 5% saja remaja yang  menghabiskan waktu senggang dengan membaca. Apakah kamu masuk dalam 5% itu?
8.       Menulis
Banyak orang-orang sukses karena menulis buku-buku yang hebat. Itu artinya, kemampuan mereka telah terlatih sejak mereka belum mendapat predikat sukses. Menulis sangatlah bermanfaat selain dapat melatih kemampuan meningkatkan kebahasaan, menulis juga bisa mempertajam daya ingat dan melatih kreatifitas. Sesekali, mintalah teman mu untuk membaca dan memberikan komentar terhadap tulisanmu. Lama kelamaan sobat pasti terlatih. Cobalah kirim karya tulis mu ke penerbit. Siapa tau diterima da diterbitkan? Kita bisa dapat komisikan? hehe
9.       Ingat agendamu
Cobalah ingat kembali janji atau agenda-agenda yang akan dilakukan di hari esok. Bila ada agenda yang harus dipersiapkan, persiapkanlah sejak itu juga biar nanti tenang karena sudah dipersiapkan.  Misalkan untuk kelas XII SMA menghadapi ujian SNMPTN yang bisa menguras tenaga dan fikiran habis-habisan maka persiapkanlah dari sekarang .
10.   On-Line
Tentunya yg positif Olnya, seperti blogging kaya gini walau gak penting asal puas yang nulisnya,hhe 
11.   Gaming (no gambling)
Gaming=main game, gambling=judi
Gaming juga bermanfaat lho  sob, asal gamenya sesuai dengan usia kita. Manfaatnya melatih otak memecahkan masalah yang kompleks. Disamping itu juga main game bisa ngefresh fikiran kita seperti game angry birds yang konyol dan lucu menurutku.
12.   Nonton FILM
Cobalah nonton film english tanpa subtittle kalau mampu sih.hehe Ya kalau gak fun lebih baik jangan.
13.   Langganan Blog ini
Tips ke tiga belas aku pakai promosi saja. Soalnya semua ideku sudah aku curahkan 1-12.
Langganan ya sob ke sini dapatkan info-info menarik lainnya. 😉
TERIMA KASIH SUDAH BERKUNJUNG…
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s