Membuat Komputer Virtual

Posted on Updated on

Mungkin banyak dari kita yang masih belum mengenal software-software komputer virtual. Komputer virtual adalah sebuah software yang memiliki kemampuan untuk memvirtualisasikan satu atau lebih komputer dalam satu komputer. Dalam arti kata bahwa dengan komputer virtual ini, kita dapat mencoba melakukan installasi berbagai macam sistem operasi dalam satu komputer dengan aman tanpa takut terjadi kesalahan dalam melakukan instalasi yang bisa menyebabkan kehilangan data. Virtual Komputer berbeda dengan dual boot.

Dual Boot tidak memungkinkan kita untuk menjalankan semua Sistem Operasi secara bersamaan dalam satu waktu, sedangkan Virtual Komputer bisa 2 atau lebih jalan sekaligus. Selain itu manfaat komputer virtual dapat kita jadikan sebagai wahana belajar komputer percobaan untuk menguji aplikasi ataupun untuk mempelajari OS yang baru bagi kita. Nah cocok sekalikan dengan kita yang baru belajar, khususnya siswa atau mahasiswa.

Virtual komputer ini sering juga disebut sebagai virtual machine/CPU emulator/computer virtualizer/computer emulator/virtual PC, dll. Inti dari Virtual Komputer ini, mampu menghadirkan satu atau lebih komputer virtual lengkap dengan hard disk virtual dan perangkat hardware lainnya sehingga kita juga dapat membangun jaringan virtual antara semua komputer virtual dan komputer fisikal yang kita miliki. Sebagai gambaran, silahkan dilihat gambar diatas. Pada 1 komputer yang kita miliki bisa sekaligus menjalankan OS Windows 7dan XP dengan waktu yang bersamaan.

Langkah-langkah membuat Virtual PC adalah sebagai berikut :
1. Download Microsoft Virtual PC 2007  http://www.microsoft.com/windows/downloads/virtualpc/default.mspx

2. Download dan install!

3. Kemudian buka Microsoft Virtual PC,  Start>All Program>Microsoft Virtual PC



4. Maka tampilannya akan seperti dibawah ini.

5. Pilihlah create a virtual machine kemudian klik next!!!

 
6. Pilihlah Operating Sistem yang ingin anda install. Namanya bebas pada tutorial ini namanya 
“Windows XP Virtual”

7. Disini akan menginstall windows xp, pilih windows xp pada tampilan sbb;

8. untuk mengatur RAM yang digunakan pilih “Adjusting the RAM” kemudian atur RAMnya dengan cara menggesernya(disini RAM 512)

9. Selanjutnya untuk membuat Harddisk. klik A new Virtual Harddisk lalu dinext. Atur berapa kapasitas yang ingin anda jadikan harddisk pada komputer virtual (bebas). Sebesar 50 gb digunakan disini.

10. Klik Finish. Berikutnya adalah memasukkan Windows XP CD kedalam CD Rom drive dan start virtual machine.



11. Pastikan CD windows XP anda berada pada cdrom drive, dan start virtual machine.

Ada 2 cara menjalankan virtual machine. Pertama dengan mengklik virtual machine file (*.vmc) atau Klik start pada Virtual PC Console.
Note: beberapa setting pada virtual machine masih grayed out karena Guest OS belum terinstall dan belum memiliki software “Virtual Machine addition”.

12. Lakukan instalasi seperti biasa (bagaimana cara menginstalasi windows XP diluar dari tutorial ini).

13. Setelah OS terinstall dan anda dapat boot kedalam, waktunya menambahkan sebuah Virtual Machine Additions. Klik pada menu Action dan pilih “Install or Update Virtual Machine Additions”. anda akan mendapatkan warning, klik saja continue dan lakukan install. Setelah install selesai, restart system.
Note: Bila anda merasa cursor mouse terjebak dalam OS Guest (tidak bisa move ke OS Host) tekan saja tombol ALT yang disebelah kanan keyboard (jangan yang kiri!).



14. Selamat anda sudah membuat sebuah Virtual PC

*) Postingan Tambahan….
 Selanjutnya adalah dasar-dasar manipulasi file

1. Untuk mengcopy sebuah file dari host ke guest, klik dan drag sebuah file dari desktop/folder ke dalam virtual pc seperti pada gambar dibawah ini. Hal yang sama juga berlaku bila anda ingin mengcopy dari guest ke host.

16. Kelemahan dari cara diatas adalah bila anda ingin mengupdate file pada guest kemudian perubahan ini ingin juga diimplementasikan pada host maka anda akan sering click and drag. Cara lain yang lebih baik adalah membuat sebuah shared folder. Langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Klik edit -> settings

3. lalu untuk mengakses shared folder, gunakanlah windows explorer pada guest operating system dan browse ke dari Y (atau drive letter lainnya bergantung dari mapping).

Beginilah hasil akhir backgroundnya setelah diganti dengan foto saya…hhe (narziz juga yaa)


17. Menu setting juga dapat digunakan untuk mengedit nilai-nilai lain seperti besar memory etc.
Note:
1. USB Drive tidak didukung oleh virtual PC!
2. Ukuran file virtual PC cukup besar, bahkan sudah mencapai 1,4 gb padahal baru windows yang diinstall

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s